Faedah Mengajarkan Anak Doa Sebelum Belajar

Jangan Dimarahi, Ini 5 Cara Ampuh Mengatasi Anak yang Malas Belajar

Anak-anak memang memiliki masa emas untuk belajar dan mengembangkan kemampuan diri mereka. Namun, masalahnya mereka membutuhkan support yang baik dari kedua orang tua beserta lingkungannya. Sebab, tidak semua anak memiliki mental baja. Ketika melakukan kesalahan maka kebanyakan anak akan menangis atau takut untuk mencoba kembali. Untuk itulah, beberapa persiapan menjelang belajar sangat diperlukan. Salah satu diantaranya adalah menghafal doa sebelum belajar. Dan persiapan lainnya seperti yang dijabarkan di bawah ini.

1.  Ciptakan Suasana dan Lingkungan Yang Nyaman

Agar mudah menyerap materi pembelajaran maka anak harus mendapatkan lingkungan yang nyaman. Selain lingkungan yang nyaman, anak juga membutuhkan suasana yang nyaman dan aman bagi mereka. Inilah mengapa sekolah untuk balita atau untuk anak-anak di masa pertumbuhan memerlukan tempat yang unik. Dirancang sedemikian rupa agar terlihat menarik dan membuat mereka nyaman selama masa belajar.

2.  Bekal Yang Bergizi

Di pagi hari khususnya, anak-anak membutuhkan bekal energi yang banyak. Untuk itu, orang tua diharapkan mampu memberikan bekal sarapan yang bergizi, mengenyangkan dan lezat. Sebab, anak-anak adalah manusia mini yang pemilih. Untuk itu buatlah kreasi makanan sebaik mungkin, menarik dan mengikuti selera anak.

3.  Tubuh Yang Bersih dan Sehat

Agar lebih mudah menerima sesi pembelajaran, maka mereka membutuhkan tubuh yang sehat dan bersih. Jadi, kamu harus memastikan bahwasanya mereka sudah mandi dengan bersih agar suasana hati juga mendukung.

4.  Ajarkan Dengan Perlahan

Kamu tidak bisa menuntut anak agar bisa langsung mengerti dan memahami setiap pelajaran yang mereka terima. Mereka tentunya membutuhkan waktu agar bisa mencerna pembelajaran tersebut. Maka ajarkan secara perlahan. Jangan terburu-buru apalagi mengajarinya dengan cara kekerasan. Sebab, semua itu akan percuma. Anak-anak masih masanya untuk bermain.

Manfaat Membaca Doa Sebelum Belajar Bagi Anak

Setelah memaksimalkan tata cara pembelajaran untuk anak tentu kamu harus menyempurnakannya. Caranya? Tentu dengan mengajarkan anak untuk menghafalkan doa sebelum belajar. Apa sebenarnya manfaat mengajarkan doa ini terhadap anak? Berikut beberapa manfaat yang bisa didapatkan, yaitu:

  • Percaya diri anak akan semakin terbentuk jika dari dini sudah diajarkan untuk membaca doa tersebut. Sebab, secara tidak langsung kamu memberikan sugesti agar anak tetap percaya diri menghadapi masalah di dalam hidupnya. Termasuk ketika belajar dan menaklukan apa yang sedang mereka pelajari.
  • Memudahkan anak untuk mengatasi hambatan yang sedang mereka terima. Ketika belajar pasti akan ada hambatan yang akan diterima oleh sang anak. Agar hambatan tersebut terselesaikan dengan baik maka tidak ada salahnya diatasi dengan cara berdoa.
  • Membaca doa juga membuat metode pembelajaran lebih mudah diterima oleh anak. Jadi, kita mendoakan apapun yang sedang dipelajari oleh anak bisa diterima dengan baik. Dan, hasil dari belajar lebih maksimal. Setidaknya, kita sebagai orang tua mengikutsertakan kuasa Tuhan atas pembelajaran sang anak.

Demikianlah beberapa manfaat dari doa sebelum belajar yang bisa dihafalkan oleh anak. Karena hafalan doa ini ada banyak jenisnya. Ada doa panjang, doa pendek hingga doa sunnah. Sehingga, kamu bisa mulai mengajarkan jenis doa belajar sesuai dengan kemampuan anak. Jangan terlalu memaksakan kehendak, ya. Jika anak masih tahap sederhana maka ajarkan saja doa-doa pendek. Bahkan, secara gamblang kamu bisa mengajarkan mereka berdoa sesuai dengan kemampuan bahasanya. Jika kemampuan bahasa mereka terbatas maka mereka bisa berdoa dengan bahasa sehari-hari. Pada intinya, jangan lelah mengajari mereka untuk berdoa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *