KrediFazz vs DanaBijak, Bunganya Lebih Rendah Mana Ya?

Tanggal tua, butuh pinjaman online cepat cair dan mudah? Tenang aja, sekarang pilihan fintechnya banyak, kok. Mau yang limitnya gede, kecil, tenor singkat, panjang, sampai bunga yang bersahabat, semua ada. Tinggal gimana pinter-pinternya kita aja ngelakuin riset dan ngebandingin fintech satu dengan fintech lain.

Dua minggu lalu saya juga pake fintech pinjaman online cepat cair dan mudah. Pastinya yang terdaftar di OJK. Tapi sebelum pake, saya pilah-pilih dulu dan akhirnya mengerucut ke dua fintech: KrediFazz dan DanaBijak. Bukan dipake dua-duanya, tapi buat dibandingin.

Antara KrediFazz dan DanaBijak, mana yang paling oke buat pinjaman? Mau tau jawabannya versi saya? Ini dia!

Perbedaan layanan pinjaman di KrediFazz vs DanaBijak

Secara umum, KrediFazz dan DanaBijak sebagai fintech P2P lending tidak memiliki perbedaan layanan pinjaman yang signifikan. Dua-duanya sama-sama menawarkan pinjaman tunai cepat dalam jangka waktu yang pendek.

Kalo fintech-fintech lain udah punya layanan pinjaman yang beragam, dua fintech ini masih spesifik pada satu layanan saja. Buat saya, ini cocok dipertimbangkan bagi kalian yang lagi butuh pinjaman cepat, malas ngulik produk pinjaman. Tinggal ajuin aja di KrediFazz atau DanaBijak.

Yang menarik buat saya, warna brand KrediFazz dan DanaBijak juga nggak jauh beda. Yang satu hijau daun, yang satu hijau pastel.

Perbedaan limit, bunga, dan tenor pinjaman di KrediFazz vs DanaBijak

Kalo layanannya nggak ada perbedaan, gimana dengan aturan pinjamannya?

Nah kalo yang satu ini, jelas ada bedanya. Di KrediFazz, berdasarkan info yang saya riset, saat ini bisa memberikan pinjaman dalam jumlah kecil: mulai dari Rp 100 ribu sampai Rp 1,5 juta. Sementara tenornya berlaku untuk pengembalian dalam 30 hari.

KrediFazz memiliki tingkat suku bunga sebesar 9% per bulan. Di mana suku bunga ini kalo kita bagi dalam 30 hari, berarti menjadi 0,3% per hari. Angka ini menurut saya lebih rendah dibanding fintech lain yang rata-rata bunga hariannya ada di angka 0,8%.

Kalo kita pinjam Rp 1 juta di KrediFazz, maka simulasinya menjadi:

  1. Jumlah pinjaman pokok Rp 1 juta.
  2. Biaya admin 6% dari total pinjaman yaitu Rp 60 ribu.
  3. Jumlah pinjaman yang diterima Rp940.000 (setelah dipotong biaya admin).
  4. Jumlah yang harus dikembalikan RpRp1.090.000 (Rp 1 juta dikalikan 9%).

Di DanaBijak, limit pinjaman berkisar mulai Rp 300 ribu sampai Rp 3 juta. Lebih besar dari limit yang ditawarkan KrediFazz. Namun, dari sisi suku bunga, KrediFazz bunganya lebih rendah dibandingkan DanaBijak. Di mana DanaBijak memiliki tingkat suku bunga sebesar 0,8% per hari. Jangka waktu pinjaman yang tersedia juga sama yaitu 30 hari maksimal.

Jadi, kalo pinjam Rp 1 juta di DanaBijak, simulasinya menjadi:

  1. Jumlah pinjaman pokok Rp 1juta.
  2. Suku bunga pinjaman 0,8% x Rp 1 juta x 30 hari maka menjadi Rp240.000.
  3. Total pinjaman yang harus dikembalikan adalah Rp1.240.000.

Nah, karena keliatan kalo KrediFazz punya bunga & angka akhir yang lebih murah, saya pribadi akhirnya jadi tertarik pake KrediFazz dibanding DanaBijak. Ditambah, uang pinjaman yang saya butuhin nggak banyak, emang cuma Rp 1 jutaan. Kalo saya butuh lebih banyak mungkin DanaBijak juga menggiurkan karena limit maksimalnya bisa sampai Rp 3 juta.

Perbedaan syarat daftar pinjaman di KrediFazz vs DanaBijak

Kalo ditanya, kok mau sih pinjam dengan bunga segitu? Saya pribadi bakal jawab: kalo kondisinya darurat, butuh sehari cair, nggak pake jaminan apa-apa ya worth it. Anggap aja itu risikonya. Yang penting kalo saya harus tau dulu saya mampu bayar tagihannya bulan depan. Di mana lagi bisa dapet pinjaman nggak sampe sehari yang syaratnya gampang? Tinggal download dari HP pula, nggak perlu malu atau minder. Hehehe. Ya kembali lagi pada pilihan masing-masing, ya.

Nah terakhir, saya mau share aja bedanya syarat daftar KrediFazz dan DanaBijak.

Buat daftar KrediFazz, kamu hanya perlu:

  1. Berstatus sebagai WNI dengan usia 18 – 60 tahun.
  2. Punya KTP dan tinggal di Indonesia.
  3. Punya penghasilan minimal Rp 3 juta per bulan.

Buat daftar DanaBijak, syaratnya:

  1. Berstatus sebagai WNI dengan minimum usia 18 tahun.
  2. Tinggal di wilayah Jabodetabek.
  3. Punya penghasilan minimal Rp 1,6 juta per bulan.
  4. Punya email dan nomor HP yang aktif.
  5. Punya KTP, rekening bank, dan foto selfie.

Semoga ulasan saya bisa membantu kalian yang lagi cari pinjaman buat bertahan di tanggal tua atau kebutuhan darurat lainnya ya. Semangat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *