Mengenal Pemain Tua Di Euro 2020 Dari Lini Pertahanan Dan Lini Tengah

Siapa sangka ternyata Piala Eropa tahun ini memiliki beberapa pemain yang usianya sudah cukup tua. Beberapa pemain veteran tersebut bahkan ada yang mampu memberikan performa yang optimal untuk Hasil Pertandingan peserta Euro 2020. Meski banyak pelatih yang membuat skuad tim dengan banyak pemain muda, ada beberapa pemain berusia senja yang melengkapi kekuatan skuad timnas tersebut. Berikut ini akan dijelaskan beberapa pemain usia senja dari lini bek dan tengah pada ajang Piala Eropa 2020.

Lini Pertahanan, Pepe, Giorgio Chiellini & Leonardo Bonucci

Ada duet Italia yaitu Leonardo Bonucci dan Giorgio Chiellini, yang di mana mereka berhasil menjadi juara Piala Euro 2020. Dua pemain senior tersebut yang juga sama-sama berpasangan di klub Juventus benar-benar menginspirasi pertahanan Italia. Chiellini tidak tampil pada semua pertandingan Italia, ia hanya main 24 menit saja pada saat sedang menghadapi Swiss di laga dua fase grup serta absen di laga lawan Wales. Meski begitu, pemain Juventus satu ini bisa terus menjadi pemain andalan pada pertandingan lainnya. Sedangkan Bonucci menjadi andalan untuk Roberto Mancini dalam mengamankan pertahanan Italia, meski ada atau tidaknya Chiellini dengannya.

Ada satu bek senior lain yaitu Pepe. Pepe merupakan pemain senior usia 38 tahun dan terus menjadi pemain andalan pada lini pertahanan Portugal saat Euro 2020. Dia selalu tampil pada empat pertandingan Portugal saat Euro 2020. Walau usia Pepe tidak muda, Pepe bisa membantu Portugal untuk mendapatkan clean sheet pada saat pertandingan Grup F pertama melawan Hungaria. Hasil pertandingan tersebut berakhir dengan skor 3-0 (kemenangan Portugal). Tetapi sayangnya, Portugal harus menjalani beberapa laga-laga berat seusai itu. Pepe harus berusaha keras dan akhirnya menunduk pada saat tim Pepe kebobolan hingga empat gol pada saat menghadapi tim Jerman serta dua gol ketika menghadapi Prancis. Sementara langkah Pepe dengan Timnas Portugal terhenti di laga perempat final karena kalah dari Belgia 0-1. Namun, penampilannya di Euro ini mampu memperlihatkan pemain tua yang tidak kalah saing dengan para pemain-pemain yang lebih muda.

Lini Tengah

Ada beberapa full-back berusia tua dari Timnas Inggris yaitu Kyle Walker dan juga Jordi Alba dari Spanyol. Kyle Walker berusia 31, sedangkan Jordi Alba lebih tua setahun. Keduanya diplot menjadi bek sayap pada timnas masing-masing. Tetapi kedua pemain ini juga mampu memperlihatkan permainan luar biasa saat membantu penyerangan. Walker sukses dalam membantu Inggris untuk melaju sampai pertandingan final tetapi kalah dari timnas Italia pada partai puncak. Ia mencatatkan hingga 89% akurasi untuk umpan dengan keberhasilan hingga 318 umpan. Namanya juga masuk ke Team of Tournament UEFA. Sedangkan Jordi Alba lebih menjanjikan tampil bersama Spanyol.

Walau hanya bisa membuat Furia Roja ke semifinal, Alba memiliki peran penting pada sisi pertahanan kiri tim Luis Enrique tersebut. Ada suatu saat ketika Spanyol membuat gol ke Swiss saat perempat final. Dari sepakan kerasnya membentur Denis Zakaria dan pada akhirnya berbuah gol. Sedangkan untuk gelandang tengah, Sergio Busquets (Spanyol), dan Toni Kroos (Jerman). Sergio Busquets ialah kapten Spanyol dan peran pemain 32 tahun tersebut di tengah bisa membuat Spanyol mampu melangkah jauh sampai semifinal. Penampilan Spanyol lebih menguasai juga ball possession dari pada Italia saat semifinal karena peran Busquets. Toni Kroos juga sama-sama mengemban peran yang penting dengan Timnas Jerman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *