Resep Rawon Spesial 

Menyantap Rawon Setan, Kuliner Legendaris di Kota Surabaya

Rawon adalah salah satu makanan Indonesia yang mungkin belum banyak orang tahu. Namun rawon sangat khas dan tidak ada di daerah lainnya. Rawon hanya ada di Jawa Timur dengan menggunakan bumbu dapur yang spesial. Rawon adalah makanan yang berasal dari olahan daging sapi. Rawon memiliki ciri khas berwarna hitam pada kuahnya. Kuah rawon yang khas berwarna hitam adalah dari kluwek. Pernahkah anda mendengar tentang kluwek? Kluwek bentuknya seperti pala Cuma lebih besar sedikit. Kluwek sama dengan pala yang hanya dipakai bagian dalamnya saja. Jadi kluwek ketika dibuka, ada bagian dalam berbentuk bulat dan berwarna hitam. Kluweklah yang membuat kuah rawon berwarna hitam.

Kluwek sendiri hanya digunakan untuk membuat rawon saja. Kluwek banyak dijual di daerah Jawa. Tetapi jika di daerah lainnya mungkin ada. Tetapi tidak banyak juga yang membutuhkannya. Kluwek selain memiliki warna yang khas ketika dimasak, juga mempunyai rasa yang khas. Sehingga rawonnya semakin lezat dan spesial. Rawon yang menggunakan daging sapi sebagai olahan utamanya. Bisa saja jika anda menggantinya dengan daging lain, seperti daging kambing. Daging kambing atau domba masih enak dibuat rawon. Namun jika daging ayam kurang enak dibuat rawon.

Rawon biasanya dimakan dengan nasi yang hangat. Selain dengan nasi, ada pendamping rawon lainnya yang tidak kalah enak. Sajian rawon selain dengan nasi putih, bisa anda makan juga dengan kerupuk. Nah orang Jawa Timur juga ketika makan rawon biasanya di dalam piringnya terdapat toge kecil. Toge kecil ini tidak memiliki bentuk yang panjang layaknya toge pada umumnya. Nah, ketika dimakan dengan toge kecil ini rasanya lebih nikmat. Dikarenakan toge kecil ini memiliki rasa yang sedikit manis dan juga segar. Ada juga yang mekan rawon dengnan ditambahkan sambal terasi dan lalapan kol mentah. Jika anda tidak suka kol mentah. Anda bisa memasukan kol saat memasak rawon.

Bahan-Bahan Yang dibutuhkan:

  • 1 Kg Daging Sapi
  • 2 Batang Serai Yang Sudah Dimemarkan Dulu
  • 4 Lembar Daun Jeruk
  • Air Asam Jawa
  • 3 Batang Daun Bawang
  • Penyedap Rasa
  • Garam
  • Minyak goreng

Bumbu Yang Dihaluskan: 

  • Bawang Merah 7 Buah
  • Bawang Putih 3 Buah
  • Buah Kluwek 4 Buah (digeprek lalu ambil isinya dan rendam dengan air panas)
  • Kemiri 5 Butir
  • Kunyit 1.5 Cm

Cara membuat rawon ini mudah sekali. Hal pertama yang anda lakukan adalah dengan memotong daging sapi lalu membersihkannya. Selanjutnya anda rebus daging sapi. Sambil merebus daging sapi anda siapkan bumbu yang sudah dihaluskan dengan menumisnya. Tambahkan serai, daun jeruk, dan air asam jawa ketika sedang menumis. Setelah wangi anda masukkan ke dalam rebusan daging sapi. Lalu masukkan juga garam dan penyedap rasa secukupnya. Setelah itu tambahkan daun bawang pada rebusan daging sapinya. Terlebih dahulu anda iris dahulu daun bawangnya.

Untuk tahu sudah matang atau tidak daging sapinya. Anda bisa mencicipinya. Namun biasanya harus dimasak hingga 1 jam lebih untuk mendapatkan daging sapi yang empuk. Anda bisa menambahkan bawang goreng ketika rawonnya sudah matang. Pastinya rasanya tambah lezat. Dimakan dengan sambal terasi juga sangat lezat. Jadi anda ulek cabe, garam dan terasi. Lalu anda tambahkan jeruk sambal sedikit saja. Lalu rawon siap disantap bersama kerupuk atau juga bersama menu sayuran seperti tumis kangkung. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *