Tips Mengolah kepiting supaya tidak amis

5 Kelebihan The Crabbys Yogyakarta, Pecinta Kepiting Wajib Tahu!

Salah satu makanan seafood yang populer dibawah lobster adalah, Kepiting. Banyak menu kepiting disajikan dengan berbagai macam saus, Seperti saus padang, saus mentega resep kepiting asam manis dan saus lainnya, Yang membuat panganan ini menjadi sedap dan menggoda selera. Untuk anda yang berniat membuat me nu kepiting untuk sajian dirumah. Ada baiknya membaca dulu tips di bawah ini.

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, kepiting adalah salah satu makanan seafood yang paling digermai masyarakat Indoneisa karena citarasanya yang unik dan juga lezat. Banyak yang menyukai masakan olahan ini, namun banyak juga yang tidak tahu cara memilih serta mengolah kepiting ini karena kepiting ini berbeda dengan jenis seafood lainnya. Jik hanya memasak dan mengolah denga nasal, ditakutkan racun yan gada di kepiting bisa membuat kita menjadi alergi, selain akan ada tips mengolah kepiting, sebelumnya perlu kamu ketahui cara memilih kepiting terlebih dahulu.

  1. Pilih kepiting yang masih hidup

Untuk mendapatkan kepiting yang berkualitas, kamu cukup mengecek apakah kepiting itu masih hidup atau tidak. Untuk mengeceknya, Anda bisa meminta penjual untuk membuka ikatan pada kepiting dan menyentuh cangkang atau capit nya. Jika bergerak sudah dipastikan jika kepiting masih hidup

  1. Rasakan beratnya

Cara lainnya untuk tahu juka kepiting banyak dagingnya atau tidak yaitu dengan mengangkat tubuhnya, jika berat bisa dipastikan kepiting tersbeut punyadaging yang lebih banyak dibandingkan dnegan kepiting yang ringan, Memilih kepiting yang lebih berat dan berdaging banyak akan mempermudah Kamu mengeluarkan dagingnya.

  1. Cek cangkangnya

Pilih cangkang kepiting yang padat dan tidak kopong atua kosong, ketuk cangkang kepting dan perhatikan bunyi yang dikeluarkan. Jika bunyi yang dikeluarkan nyaring.  Maka kepiting tersbeut sudah tidak segar. Sebaiknya jika kepiting mengeluarkan suara seakan lebih padat, maka kepiting masih segar. Cangkang yang bersih dan berkilap juga menunjukan kepiting masih segar.

Setelah megetahui tips memilih kepiting yang segar, berikut ini adalah tip mengolah kepiting yang benar.

  • Tusuk Cangkang Kepiting dengan Pisau

Pertama, tusuk bagian belakang kepiting dengan menggunakan pisau untuk mematikan kepiting yang masih hidup. belah bagian perut kepitinh kemudian lepaskan ikatan kepiting

  • Cuci Dengan Air Mengalir

Cuci kepiting dengan menggunakan air mengalir, bukan dengan air yang di dalam wadah tertentu. Cuci cangkang kepiting dan semua bagian kepiting menggunakan sikat kecil sampai bersih dan kotoranya hilang.

  • Buang pantat kepiting

Setelah disikat dan dibersihkan sampai bersih, buang pantat kepiting yang berbentuk segitiga, Bagian pantat kepiting tidak boleh dikonsumsi karena mengandung raccun yang bisa menyebabkan alergi dan tidak baik untuk kesehatan tubuh.

  • Belah menjadi dua bagian

Belah kepiting menjadi dua bagian lalu bersihkan dengan membuang sisa lendir atau cairan yang berwarna hijau di bagian dalam dnegan menggunakan air yang mengalir.

  • Puku apit dan cangkang

Supaya daging kepiting mempunyai tekstur yang lebih lembut, pukul bagian capi dan cangkang kepiting sebelum diolah, Perhatikan kekuatan ketika memukul cangkang agar tidak sampai pecah.

  • Rebus kepiting sebelum dimasak

Langkah terakhir untuk memastikan kepiting tidakamis adlaah dnegan merebus kepiting sebelum pengoolahan selanjutnya, rebus kepiting selama 15 sampai 20 menit, Tidak pelru terlalu lama karena bisa mengakibatkan daging kepiting menjadi keras dan mengurangi tekstur lembutnya.

Nah semoga tips ini membantu ya. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *